Tanya Jawab Seputar WiFi

Selasa, 15 September 2015


Kali ini ane post Tanya Jawab tentang WiFi semoga ga bosen aja ya hahah


 1. Wimax bekerja pada frekuensi berapa ?   (Ade Suryadi)
     Jawaban :
     Bekerja di sekitar pita frekuensi 5 GHz.

2.  Sebutkan spesifikasi dari wifi?   (Jeli Nios & Aji Pahmi)
      jawaban :
      Spesifikasi Wi-Fi

 Spesifikasi    Kecepatan   Frekuensi Band   Cocok Dengan
802.11b   11 Mb/s         ~2.4 GHz                      b
802.11a   54 Mb/s          ~5 GHz                        a
802.11g   54 Mb/s          ~2.4 GHz                     b, g
802.11n   100 Mb/s         ~2.4 GHz                    b, g, n

3.  Benda apa saja yang dapat mempengaruhi sinyal wifi?   (Agus Maulana)  

jawaban : kramik, kertas, beton, bahan anti peluru, bahan yang mengandung perak, dan logam.

4. kenapa wifi menpunyai sejarah keamanan yang berubah ubah ?   (Ahmad johan)  

Jawaban:   karena sistem enskripsi pertamanya yaitu WEP terbukti mudah ditembus lalu kemudian WPA 2 ditambahkan sebagai protocol yang lebih berkualitas lagi.

5.   Apa saja kekurangan wifi?   (eka & riska)  

 Jawaban:
Adanya kelemahan yang terletak pada konfigurasi dan jenis enkripsi. Kelemahan tersbut diakibatkan karena terlalu mudahnya membangun sebuah jaringan wireless.
Wired Equivalent Privacy (WEP) yang menjadi standart keamanan wireless sebelumnya dapat dengan mudah dipecahkan dengan berbagai tools yang tersedia gratis di internet.
Penyaluran Gelombang dan keterbatasan operasional yang tidak konsisten di seluruh dunia.

6. Apa kelebihan dan kekurangan dari wifi hardware antara PCI dan USB?  (elita)

Jawaban:
KELEBIHAN WIFI HARDWARE USB
1. Bentuknya praktis dan mudah di lepas
2. Fleksibel ditempatkan bagi notebook dan PC

KEKURANGAN WIFI HARDWARE USB
1. jangkauan yang dimiliki wifi USB lebih rendah
2. kaper plastik pada wifi USB akan menghambat daya pancar dan penerimaan pada jenis perangkat ini.

KELEBIHAN WIFI HARDWARE PCI1
Harga Murah
KEKURANGAN WIFI HARDWARE PCI1
Driver kadang sulit diinstall2.Harus di pasang langsung ke socket motherboard

7. apa kelebihan dan kekurangan dari ad-hoc dan  infrastucture?  (Hertiyanah)

jawaban :
kelebihan Ad-HocTopologi ini memiliki kelebihanyang sangat jelas, yaitu hemat biaya. Mengapa demikian? Ya, untuk terkoneksi saja kita tidak perlu menambahkan perangkat apapu, seperti misalnya access point yang sering digunakan dalam jaringan wireless.
kekurangan Ad-Hoc
a. Masalah yang sering ditimbulkan oleh koneksi AdHoc adalah kapasitas bandwith yang sangat terbatas, sehingga hal ini sangat memungkinkan lambatnya proses transfer data.
b. Tidak hanya bandwith, jangkauan sinyal yang dipancarkan oleh perangkat wifi adapter pada komputer klien pun tidak bisa terlalu jauh.
c. Untuk keamanan juga, koneksi AdHoc ini masih sangat kurang, yaitu masih sebatas WEP. Sangat berbeda bila dibandingkan dengan access point yang sudah support WPA dan WPA2.

Kelebihan Infrastructure
a. Kapasitas bandwith jelas lebih besar, karena koneksi setiap wifi klien hanya mengarah pada access point saja.
b.  Jangkauan perangkat Access point biasanya sudah dibuat cukup besar, ditambah lagi kita bisa memperbesar sendiri daya jangkau dari access point.
c. Keamanan, tidak diragukan lagi, karena access point sudah dilengkapi dengan sistem autentifikasi WPA dan WPA2

Kekurangan infrastructure
Kita harus menambah biaya untuk pengadaan perangkat access point. Karena perangkat inilah yang menjadi pusat dari semua koneksi yang ada pada topologi infrastructure.

8. Apa kelebihan wifi?  (Riyan hidayat & Dita Veriani)

  Jawaban:
Wi-Fi dikembangkan tanpa kabel dan menggunakan gelombang radio dengan frekuensi 2,4 GHz. Selain itu Wi-Fi dapat mengirim dan menerima kapasitas sampai 54Mbps.
Wi-Fi menggunakan jalur akses jaringan / hot spot, dapat berkomunikasi ke semua komputer dan laptop.Wireless klien: PCMACIA / PC Card, Gateway, server, modem, router dan proxy.
Memungkinkan LAN untuk digunakan tanpa kabel, biasanya mengurangi biaya penyebaran jaringan dan ekspansi. Ruang di mana kabel tidak dapat dijalankan, seperti area outdoor dan bangunan bersejarah, dapat menggunakan LAN Wireless.
Harga Wi-Fi terus turun, membuat Wi-Fi merupakan pilihan yang sangat ekonomis mengenai jaringan
Produk Wi-Fi tersedia di pasar secara luas.

9. Apa yang dimaksud dengan ad-hoc ? (jahidin)  

Jawaban:

Ad-Hocadalah mode dimana beberapa komputer terhubung secara langsung, atau lebih dikenal dengan istilah Peer-to-Peer. Keuntungannya, lebih murah dan praktis bila yang terkoneksi hanya 2 atau 3 komputer, tanpa harus membeli access point.

10. Sebutkan berapa harga pembelian wifi dipasar pada awal tahun pembuatannya sampai sekarang?   (alan)
Jawaban:
Dahulunya sekitar Rp.3Juta dan sekarang murah menjadi dibawah 500rb.

11. Mengapa pada wifi konsumsi power cukup tinggi yang dapat membuat masa pakai batrai berkurang dan panas? (tatang)
Jawaban:
Karena wifi membutuhkan sinyal yang kuat untuk mentransmisikan datanya . Dan apabila sinyal lemah maka semakin banyak daya yang terkuras .

12. Adakah perbedaan antara dua mode yang digunakan oleh wifi?   (timi)    

Jawaban:
ada, yaitu, pada mode ad-hoc dapat terkoneksi secara langsung tanpa harus membeli access point, sedangkan pada mode infrasructure Menggunakan Access Point yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).

13. Apa kepanjangan IEEE?   (tamam)  

 Jawaban:
kepanjangan dari IEEE adalah  Institute of Electrical and Electronics Engineers.
14. Perbedaan wifi AP (acces point) dan wifi AP router?   (yuli)     Jawaban: Wifi AP (access point) berperan ebagai pusat koneksi atau terminal penyambung bagi wifi client, sedangkan wifi AP router adalah perangkat access point yang diberi fitur tambahan seperti fungsi routing. NAT dan DHCP server.

15.  Apa pengertian wifi secara teknis oprasional?   (yanti)    

Jawaban:
Secara teknis operasional, Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLAN (wireless local area network). Dengan kata lain, Wi-Fi adalah sertifikasi merek dagang yang diberikan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi (internet) yang bekerja di jaringan WLAN dan sudah memenuhi kualitas kapasitas interoperasi yang dipersyaratkan.

16. Apa singkatan dari PCI dan apa fungsinya ?   (wahyudin)  

 Jawaban:
PCI adalah singkatan dari Peripheral Componen Interconnect yang berfungsi untuk menambahkan peripheral tambahan yang belum terpasang pada motherboard.

17. Mengapa Vic hayet di juluki sebagai bapak wafi?   (bahri)  

Jawaban:
karena perannya dalam membangun dan memimpin kelompok kerja IEEE 802.11 standar wirelles local area network dan karena itu di juluki sebagai bapak wifi.

18. Apa itu infrastructure dalam mode acces koneksi wifi? (sepriana)    

Jawaban:dalam mode akses koneksi wifi Infrastructure Menggunakan Access Point yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).


19. Apa kelebihan dan kekurangan wifi dibandingkan dengan jaringan nirkabel lainnya?  (usman)

Jawaban:
Kelebihan  WiFi:•Wi-Fi dikembangkan tanpa kabel dan menggunakan gelombang radio dengan frekuensi 2,4 GHz. Selain itu Wi-Fi dapat mengirim dan menerima kapasitas sampai 54Mbps.•Wi-Fi menggunakan jalur akses jaringan / hot spot, dapat berkomunikasi ke semua komputer dan laptop.Wireless klien: PCMACIA / PC Card, Gateway, server, modem, router dan proxy.•Memungkinkan LAN untuk digunakan tanpa kabel, biasanya mengurangi biaya penyebaran jaringan dan ekspansi. Ruang di mana kabel tidak dapat dijalankan, seperti area outdoor dan bangunan bersejarah, dapat menggunakan LAN Wireless.•Harga Wi-Fi terus turun, membuat Wi-Fi merupakan pilihan yang sangat ekonomis mengenai jaringan•Produk Wi-Fi tersedia di pasar secara luas.•Wi-Fi jaringan dukungan roaming, di mana sebuah stasiun klien mobile seperti komputer laptop dapat berpindah dari satu jalur akses ke jalur akses yang lainnya •Wi-Fi adalah perangkat standar global. Tidak seperti operator selular, klien Wi-Fi yang sama bekerja di berbagai negara di seluruh dunia.•Tersebar Luas di lebih dari 250.000 tempat umum, jutaan rumah, perusahaan dan universitas di seluruh dunia.•Protokol baru untuk Kualitas Layanan (WMM) dan mekanisme power saving (WMM Power Save) membuat Wi-Fi lebih sesuai untuk aplikasi yang latency-sensitif (seperti suara dan video) dan perangkat kecil berbentuk-faktor.
Kekurangan  WiFi:• Adanya kelemahan yang terletak pada konfigurasi dan jenis enkripsi. Kelemahan tersbut diakibatkan karena terlalu mudahnya membangun sebuah jaringan wireless.• Wired Equivalent Privacy (WEP) yang menjadi standart keamanan wireless sebelumnya dapat dengan mudah dipecahkan dengan berbagai tools yang tersedia gratis di internet.•Penyaluran Gelombang dan keterbatasan operasional yang tidak konsisten di seluruh dunia.•Konsumsi Power yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan beberapa standar lainnya, membuat masa pakai baterai berkurang dan panas.•Jaringan WiFi memiliki rentang yang terbatas. Sebuah router WiFi rumah mungkin memiliki kisaran 45m (150ft) indoor dan 90 juta (300ft) di luar rumah.•WiFi menggunakan spektrum 2.4GHz tanpa izin, dimana yang sering bertabrakan dengan perangkat lain seperti Bluetooth, oven microwave, telepon tanpa kabel, atau perangkat pengirim video, banyak lainnya. Hal ini dapat menyebabkan penurunan kinerja.•Jalur akses dapat digunakan untuk mencuri informasi pribadi dan rahasia ditransmisikan dari konsumen WiFi.•Intervensi pada jalur akses tertutup atau dienkripsi dengan jalur akses terbuka yang lainnya pada saluran yang sama atau dekat dapat mencegah akses ke jalur akses yang terbuka oleh orang lain di daerah tersebut. Ini menimbulkan masalah tinggi di daerah kepadatan tinggi seperti blok apartemen besar di mana banyak penduduk beroperasi poin akses WiFi.•Jalur akses gratis dapat digunakan oleh orang tak dikenal dan berbahaya untuk melakukan serangan yang akan sangat sulit untuk melacak di luar jalur akses pemilik.
Perkembangan wifi disetiap provinsi berkembang baik contohnya sekarang sudah banyak ISP yang menyediakan jasa wifi.

21. Media apa saja yang menggunakan fasilitas wifi?   (yayat)
      Jawaban:

Smartphone, Laptop PC , Xbox dll


22. Sebutkan dan jelaskan mode akses koneksi pada wifi?   (tika, ririn & novi )
      Jawaban:

Ada 2 mode akses koneksi Wi-Fi yaitu:
Ad-Hoc .Mode koneksi ini adalah mode dimana beberapa komputer terhubung secara langsung, atau lebih dikenal dengan istilah Peer-to-Peer. Keuntungannya, lebih murah dan praktis bila yang terkoneksi hanya 2 atau 3 komputer, tanpa harus membeli access point.
Infrastructure .Menggunakan Access Point yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).

4 komentar:

dyanna toekang.4trie mengatakan...

tanya gan :bagaimana cara mengganti antena D-Link 123 dengan antena biQuad

Unknown mengatakan...

Tanya gan, kenapa kok saat android saya mau konek ke wifi udah memasukan password yang bener tapi kok malah tertulis "disimpan" tidak terhubung. Cara ngatasinya gimana bang?

Unknown mengatakan...

Gan bisa minta no wa nya

Unknown mengatakan...

saya mau nanya !!
saya mau nembak wifi jarak jauh nihh, tapi setelah AP(akses Poinya ) terpasang, dibagian cliennya untuk menentukan arahnya ke AP yang tepat gimana yaa?

Posting Komentar

 
;